JudulManajemen Pembelajaran Dalam Jaringan Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Palu |
Nama: HERNI DAYANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Herni Dayanti No Stambuk B10118097, dengan judul skripsi "Manajemen Pembelajaran dalam Jaringan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Palu", di bimbing oleh Ibu Daswati (Pembimbing I) dan Bapak H. Nastainuddin Bolong (Pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran dalam jaringan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Palu. Penelitian ini menggunakan teori Abdorrakhman Gintings, dimana ada empat aspek yang di teliti, yaitu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi, sedangkan tipe penelitiannya deskriptif. Dalam penelitian ini pengambilan informan secara purposive, dimana peneliti akan memilih orang-orang yang di pandang memahami masalah yang diteliti. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Laboratorium, dan 3 orang dosen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pembelajaran dalam Jaringan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Palu pada aspek perencanaan pembelajaran dalam jaringan sudah baik, hal ini dapat dilihat dari program kerja atau RPS yang sudah tersus dengan baik sehingga pemberian materi kepada mahasiswa tidak tumpang tindih. Pada aspek pengorganisasian pembelajaran, sudah cukup baik sebab antara jadaw mata kuliah yang diajarkan dengan dosen sesuai dengan bidangnya. Dilihat dari aspek pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan masih belum maksimal sebab keterbatasan fasilitas pembelajaran daring serta faktor jaringan yang yang tidak stabil sehingga pemberian pembelajaran dalam jaringan tidak memuaskan bagi mahasiswa. Berdasarkan aspek evaluasi pembelajaran dalam jaringan, masih diupayakan supaya lebih tepat sebab dosen masih kesulitan dikarenakan belum ada format yang bisa dijadikan patokan untuk memenuhi penilaian. Di samping itu, hasil belajar mengalami penurunan dari segi materinya karena materi yang tersampaikan tidak semua terserap oleh mahasiswa. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Evaluasi |