JudulEfektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palu |
Nama: INE MEILINA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ine Meilina , B10118080 . Efektivitas pelayanan administrasi kependudukan pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Palu. Dibimbing oleh Hj.Suasa dan Muhammad Rapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pelayanan administrasi kependudukan dalam hal pembuatan kartu keluarga (KK) pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil kota Palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Siagian yang menegaskan (2017:60), terdapat tiga kriteria yang dapat digunakan mengukur efektivitas kerja dari organisasi yang memberikan pelayanan antara lain: faktor waktu, faktor kecermatan , dan faktor gaya pemberi layanan. Adapun informan adalah aparatur pegawai , masyarakat selaku pemberi layanan dan penerima layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kota Palu. Berdasarkan hasil penelitian , dapat ditarik kesimpulan bahwa ketepatan waktu aparatur pegawai dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota palu dari sisi penilaian masyarakat sudah mengikuti aturan yang sesuai dengan pembagian sistem dan mekanisme yang telah ditentukan sehingga dapat memudahkan masyarakat dan pegawai dalam melayani masyarakat . Tingkat ketelitian aparatur pegawai dalam proses pelayanan publik pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota palu sudah baik , namun dari sisi penilaian masyarakat perlu ditingkatkan , sehingga masyarakat merasa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan. Kata kunci : faktor waktu, faktor kecermatan, dan faktor gaya pemberian layanan |