Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulGAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KOTA PALU
Nama: MUH RIJAL
Tahun: 2025
Abstrak
Muh. Rijal, Stambuk : B 101 18 076, “Gaya kepemimpinan transformasional kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 palu”. Di bimbing oleh Ibu Prof. Dr. Daswati, M.Si,selaku (pembimbing I) dan Bapak Yulizar Pramuka Tawil,S.Sos,M.Si selaku (pembimbing II). Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 4 komponen kepemimpinan transformasional yang dimiliki oleh kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan 3 Palu yang meliputi Pengaruh Idealisme, Motivasi Inspirasi, Stimulasi Intelektual, Pertimbangan Pribadi. Jenis penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini dengan jumlah informan sebanyak 4 orang yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, staf tata usaha dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan sebagai berikut: Idealized Influence yang dimiliki yaitu kepala sekolah melibatkan guru, staf, komite, dan stakeholder baik dalam penyusunan visi, misi, tujuan, dan program kerja sekolah, selalu mengadakan rapat terkait dengan kendala yang dihadapi dalam program kegiatan sekolah. Inspirational Motivation yang dimiliki yaitu kepala sekolah demokratis sesuai situasi dan kondisi, kemudian pemberian motivasi senantiasa diberikan dan memberi peringatan jika kurang disiplin dalam melaksanakan tugasnya, kesempatan bagi warga sekolah untuk mengungkapkan ide dan kesadaran akan tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya. Intellectual Stimulation yang dimiliki yaitu dengan mengembangkan budaya kerja positif dengan cara lebih mendekati para guru dan staf untuk menciptakan suasana yang dekat dan kekeluargaan, Kepala sekolah juga selalu menanamkan untuk mengutamakan kerja secara tim dan mengajak untuk rutin berkoordinasi. Individualized Consideration yang dimiliki yaiu yang pertama kepala sekolah tanggap dan peduli dengan kebutuhan guru maupun stafnya baik kebutuhan fisiologis, kesehjateraan, serta kebutuhan akan rasa aman. Kedua pengembangan profesionalisme guru dan staf melalui need assessment dengan melihat penilaian kinerja yang dimiliki para guru dan staf melalui pengamatan kepala sekolah. Kata Kunci : . Pengaruh Idealisme, Motivasi Inspirasi, Stimulasi Intelektual, pertimbangan pribadi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up