JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT CENDANA PUTIH KECAMATAN MAPPEDECENG KABUPATEN LUWU UTARA |
Nama: MEI ZHINTA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Mei Zhinta, B10118058, Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Cendana Putih Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara. Dibimbing oleh Nasrullah dan Askar Mayusa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Cendana Putih. Tipe penelitian Deskriptif Kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive dan accidental dengan jumlah informan sebanyak 7 (tujuh) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model analisis Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori dari Ndraha dimana ada empat aspek yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan kesehatan yang di berikan oleh Puskesmas Cendana Putih, keempat aspek itu ialah kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kualitas pelayanan kesehatan puskesmas cendana putih kurang baik dilihat dari aspek kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Puskesmas Cendana Putih dalam memberikan pelayanan kesehatan tidak memperhatikan regulasi terkait pelayanan kesetahan sehingga pelayanan yang diberikan tidak dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan dari masyarakat atau pasien. Kata kunci : Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan. |