Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT TALISE KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU
Nama: RESTU SURYANSYAH
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Restu Suryansyah (B101 18 032), “Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Talise Kecamatan Mantikulore Kota Palu” (dibimbing oleh Bapak. Dr. Nawawi Natsir, M.Si, selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Nurhayati Hamid, M.Si, Selaku pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Talise Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah informan sebanyak 9 (Sembilan) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori dari Talizduhu Ndraha, dimana ada empat indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan adalah Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan. Berdasarkan hasil penelitian di Puskesmas Talise dapat ditarik kesimpulan bahwa pelayanan yang diberikan oleh petugas di Puskesmas Talise masih kurang baik, dinilai dari empat aspek pelayanan yaitu cepat, tepat, mudah dan adil. Dilihat dari aspek Kecepatan, pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan masih kurang baik. proses pelayanan terhambat pada saat pendaftaran dibagian loket hal ini disebabkan karena kurangnya tenaga kesehatan dibagian loket. Ketepatan dalam memberikan pelayanan masih kurang baik, karena adanya keluhan dari pasien mengenai waktu dimana dokter yang bertugas pada saat itu belum ditempat. Pelayanan yang diberikan dari aspek kemudahan di Puskesmas Talise sudah cukup baik. Pelayanan yang di berikan oleh Petugas sangat efektif tanpa adanya kendala sedikit pun. Dilihat dari aspek keadilan, sudah adil dalam memberikan pelayanan kepada pasien karena sesuai nomor antrian dan tidak membeda-bedakan pasien. Kata Kunci : Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up