JudulKUALITAS PELAYANAN DALAM PENANGANAN PASIEN PASCA COVID-19 DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT TORUE KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: THEO ADI SUSANTO |
Tahun: 2023 |
Abstrak Theo Adi Susanto stambuk B 101 18 030, dengan judul ?Kualitas Pelayanan Dalam Penanganan Pasien Pasca Covid-19 Di Puskesmas Torue Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong” (dibimbing oleh Bapak. Nasrullah, Selaku Pembimbing I dan Ibu. Nurhayati Hamid, Selaku Pembimbing II) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan penanganan pasien pasca Covid-19 di Puskesmas Torue Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara informan secara mendalam dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aspek daya tanggap (responsiveness) Puskesmas Torue dalam menangani pasien covid-19 belum baik. Pasien menilai bahwa pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar operasional prosedur. Petugas kesehatan terkesan lambat dalam melayani pasien. Aspek jaminan (assurance) Puskesmas Torue belum baik, rasa aman belum dapat dipenuhi maksimal oleh pihak puskesmas. Pasien masih takut untuk datang ke puskesmas sehingga ini menandakan belum ada jaminan rasa aman buat pasien. Jika dilihat dari pihak puskesmas sudah mengoptimalkan pelayanan kepada pasien. Aspek (bukti fisik) tangibles di Puskesmas Torue sudah dapat dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan kapabilitas puskesmas. Bukti fisik merupakan hal yang sangat penting dalam suatu puskesmas. Dimana sebagai fasilitas yang dapat dilihat dan digunakan dalam upaya memenuhi kepuasan pasien. Aspek empati (emphaty) belum terlaksana dengan baik, petugas kesehatan kurang memiliki rasa empati terhadap pasien terpapar covid-19. Keterlibatan pasien dalam menilai kualitas pelayanan pada jalannya operasional layanan tidak lepas dari proses layanan itu sendiri yang didasari karakteristik layanan yang inseparability, di mana proses konsumsi layanan terjadi secara bersamaan. Aspek kehandalan (reliability) belum terlaksana dengan baik, kehandalan Puskesmas Torue belum maksimal dalam menangani pasien covid-19. Pasien belum merasa puas terhada ketepatan waktu pegawai uskesmas, pelayanan yang sama untuk semua pasien, sikap yang simpatik. Pemenuhan janji dalam pelayanan akan mencerminkan kredibilitas puskesmas. |