JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR DESA TOAYA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA |
Nama: DIKI SAPUTRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK DIKI SAPUTRA Stambuk B 101 18 026, dengan judul Skripsi yaitu "Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Desa Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggalaā€¯ dibimbing Ibu Prof.Dr.Daswati M.Si, selaku Pembimbing I, dan Bapak Muhammad Rapi M.Si, selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi kependudukan di Kantor Desa Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Ndraha. Dimana ada empat indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan, indikator tersebut iyalah, Kecepatan,Ketepatan, Kemudahan dan Keadilan. Tipe penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, jumlah Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) orang Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka penulis mengambil kesimpulan dari beberapa indikator tentang Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Desa Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Bahwa pelayanan yang diberikan oleh pegawai kantor desa Toaya sudah cukup baik, ketepatan pegawai dalam memberikan pelayanan sudah sudah tepat, namun kecepatan yang pegawai lakukan belum maksimal karena masih banyak pegawai yang tidak disiplin sering bolos kerja dan sering lambat datang kekantor, sedangkan kemurahan yang diberikan pegawai sudah sesuai dengan harapan masyarakat dan keramahan pegawai desa toaya sudah cukup ramah walaupun masih ada diantara mereka yang masih kurang ramah terhadap masyarakat yang datang kekantor tapi itu tapi itu sudah menjadi sifat manusia yang berbeda-beda. Dari kesimpulan berdasarkan indikator diatas bahwa Pegawai desa toaya dalam hal ini sudah berusaha menjalankan pelayanan dengan sebaik-baiknya dan melaksanakan fugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, dan juga keterbukaan mereka dalam menerima komplein atau saran dari masyarakat, berdasarkan sikap dan perilaku pegawai mereka melakukan pelayanan secara ikhlas Kata Kunci:Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan |