Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulOPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN PALU UTARA KOTA PALU
Nama: MARLEN GABRIELA KOLOWAY
Tahun: 2025
Abstrak
Marlen Gabriela Koloway, B10118024, Optimalisasi Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Palu Utara Kota Palu, Dibimbing oleh Ibu Mustainah dan Ibu Nurhayati Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Optimalisasi Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Palu Utara Kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait data yang dikumpul dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dengan beberapa informan yang disertai dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 Narasumber yaitu, Camat Palu Utara, Kepala Seksi Pelayanan Umum, Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Masyarakat dengan jumlah 2 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Salim dan Woodward yang terdiri dari 4 aspek yaitu Economy (ekonomis), effectiveness (efektivitas), Efficiency (efisiensi), dan Equity (keadilan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek ekonomis dan keadilan berjalan dengan baik, ditunjukkan melalui pengenaan biaya pelayanan yang sudah sesuai dengan standar yang berlaku serta memberikan pelayanan yang merata kepada semua masyarakat. Sementara itu, aspek efektivitas belum cukup baik dimana masih ada beberapa staf yang tidak berada ditempat saat jam pelayanan berlangsung, masih kurangnya fasilitas pelayanan khususnya pada bidang administrasi kependudukan, serta adanya ketidakpuasan masyarakat terkait ketidakjelasan waktu penyelesaian pelayanan karena kurangnya koordinasi antar pihak Kecamatan. Begitupun aspek efisiensi masih ditemukan kendala terkait dengan proses pelayanan yang memerlukan waktu yang cukup lama karena kurang terbukanya informasi terkait persyaratan pelayanan. Rekomendasi peneliti, ditujukan kepada Kantor Kecamatan Palu Utara agar optimalisasi pelayanan lebih ditingkatkan lagi dengan melakukan perbaikan pada aspek efektivitas dan efisiensi sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang lebih optimal dan memuaskan masyarakat di Palu Utara Kota Palu. Kata Kunci : Economy (ekonomis), Effectiveness (efektivitas), Efficiency (efisiensi), dan Equity (keadilan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up