Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT KALEKE DI DESA KALEKE KECAMATAN DOLO BARAT
Nama: WANDA TRY LESTARI
Tahun: 2025
Abstrak
Wanda Try Lestari, Stambuk B 101 18 007 dengan Judul Skripsi “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT KALEKE DI DESA KALEKE KECAMATAN DOLO BARAT”. Dibimbing oleh Suasa sebagai pembimbing I dan Erdiyansyah sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap pasien di Puskesmas Kaleke yang berlokasi di Desa Kaleke, Kecamatan Dolo Barat. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data melibatkan penelitian kepustakaan, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk melengkapi data dalam penelitian ini, peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan total populasi sebesar 2508 jiwa. Penelitian ini menggunakan Teori Kualitas Pelayanan dari Parasuraman, Zeithhaml dan Berry (2011), sedangkan Kepuasan Pasien dari Boy S. Sabarguna (2008). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kaleke di Desa Kaleke Kecamatan Dolo Barat dikarenakan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel, dengan nilai F hitung 116.817 dengan nilai R yaitu 0,737 atau berada di interval yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang “kuat” dimana yang berarti jika kualitas pelayanan berubah maka kepuasan pasien secara kuat juga akan mengalami perubahan. Kata kunci: Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Pasien

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up