JudulKUALITAS PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI PADA BIDANG URUSAN HAJI KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN MOROWALI UTARA |
Nama: ARNI FITRIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Arni Fitria, B10118001, Kualitas Pelayanan Calon Jemaah Haji Pada Bidang Urusan Haji Kementrian Agama Kabupaten Morowali Utara. Dibimbing oleh Bapak Mohammad Irfan Mufti dan Bapak Erdiyansyah. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Calon Jemaah Haji Pada Bidang Urusan Haji Kementrian Agama Kabupaten Morowali Utara. Metode penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Parasuraman yang memiliki lima indikator yaitu Realibility (kehandalan), Responsivisness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati), dan Tangibles (Bukti fisik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kualitas Pelayanan Calon Jemaah Haji Pada Bidang Urusan Haji Kementrian Agama Kabupaten Morowali Utara tidak terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang diantarannya, prosedur pendaftaran haji yang berbelit-belit, masih adanya kebiasaan mendahulukan keluarga atau orang-orang yang memiliki status sosial yang lebih tinggi di banding masyarakat biasa dalam pelayanan pendaftaran calon jemaah haji dan juga masalah fasilitas layanan jaringan celluler di kantor Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) tidak terjangkau yang membuat kantor hanya menggunakan jaringan wifi. Kata Kunci: Realibility (kehandalan), Responsivisness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati), Tangibles (produk-produk fisik) |