JudulKUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI ONLINE PERSEROAN TERBATAS MAXIM DI KOTA PALU |
Nama: MOH AKMAL |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK MOH AKMAL,Stanbuk B 101 17 291, Dengan Judul skripsi yaitu: “ Kualitas Pelayanan jasa Transportasi Online Perseroan Terbasas Maxim di kota palu”,dibimbing oleh Hj. Mustainah. Selaku Pembinbing Utama dan Syamsidar. Selaku pembimbing kedua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat pelayanan driver maxim dan kepuasan pelanggan pengguna jasa maxim dikota palu teori yang digunakan dalam penelitian adalah Elhaitammy tjiptono (2011) (dalam priansa 2017:54) yang terdiri 4 unsur penting dalam pelayanan prima Yaitu : kecepatan, ketepatan, keramahan, kenyamanan. Dalam penelitian ini informan sebanyak 7 orang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penilitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat pelayanan driver dan kepuasan pelanggan dilihat dari unsur keramahan dan kecepatan sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dari unsur kecepatan, driver maxim baik dalam menjalankan kewajiban sebagai seorang driver yang mematuhi peraturan menteri perhubungan(Permenhub) yaitu nomor 12 tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat dan membawa kendaraan 40km/perjam . sementara untuk unsur keramahan, sikap sopan santun driver sudah baik sehingga pelanggan merasa aman menggunakan maxim. Dan untuk unsur ketepatan masih kurang baik dikarenakan pelanggan masih harus mennungu 10 sampai 15 menit untuk samapai di lokasi tujuan dan dari unsur kenyamanan yang peneliti dapatkan bahwa pelanggan merasa kurang puas saat menggunakan atribut yaitu helm sudah tidak layak pakai. Kata kunci : ketepatan,kecepatan,keramahan,dan kenyamanan |