JudulPelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Lero Tatari Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala |
Nama: MAGVIRA RAMADANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan administrasi kependudukan di Desa Lero Tatari. Dasar penelitian ini menggunakan dasar penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Penetapan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive dengan menetapkan 5 orang informan yang dianggap mampu dan mengetahui permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teori yang digunakan menurut Zeithaml dkk dengan lima indikator yaitu Bukti Fisik (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Kantor Desa Lero Tatari Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala pada aspek Tangible belum berjalan dengan baik, dilihat dari sarana dan prasarana yang ada di kantor desa seperti tidak adanya ruang tunggu, kursi yang sangat minim, kipas angin yang berfungsi hanya ada 1 dan computer dan printer sangat kurang hal ini menghambat proses berjalanya pelayanan administrasi. aspek Reliability kehandalan Aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat belum memberikan pelayanan yang baik, yang masyarakat keluhkan tentang kepastian waktu yang tidak sesuai dengan SOP yang diterapkan disebabkan masih ada aparatur desa yang datang tidak tepat waktu. aspek Responsiviness sudah berjalan dengan baik, aparatur desa menunjukkan sikap tanggap dengan merespons keluhan atau permintaan masyarakat dengan cepat. Aspek Assurance tepatnya pada kesopanan dan keramahan aparatur dikantor desa sudah lumayan baik dan pada keadilan sudah cukup bagus dimana aparat tidak membeda bedakan (diskriminasi) masyarakat dalam memberikan pelayanan. Aspek Empati sikap aparatur dalan proses pelayanan sudah baik, bahwa aparatur yang ada di Kantor Desa Lero Tatari sudah melakukan pendekatan yang baik dengan masyarakat dan juga mereka mampu memahami kebutuhan masyarakat dan mampu membangun komunikasi yang baik kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa nyaman dalam menerima pelayanan. |