JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PENGGUNA KARTU INDONESIA SEJAHTERA DI PUSKESMAS PANTOLOAN |
Nama: MOH RAFLI ADITIYA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK MOH. RAFLI ADITIYA : B 101 17 274, Prodi Administrasi Publik, Dengan Judul, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Pengguna Kartu Indonsesia Sejahtera Di Puskesmas Pantoloan” Dibimbing oleh Ibu Hj. Suasa selaku pembimbing I dan Ibu Mukarramah selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien pengguna Kartu Indonesia Sejahtera dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien pengguna Kartu Indonesia Sejahtera di Puskesmas Pantoloan. Puskesmas menjadi ujung tombak dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Artinya, pelayanan kesehatan menjadi tolak ukur bagi kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Pantoloan Kecamatan Tawaeli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Taliziduhu Ndraha (2001:67) dengan indikator yakni : Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan. Pengumpulan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi dengan jenis data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan Kartu Indonesia Sejahtera di Puskesmas Pantoloan sebenarnya sudah efektif dan juga memberi manfaat bagi masyarakat serta mengurangi biaya untuk berobat. Kemudian yang menjadi faktor penghambat dalam memberikan pelayanan kepada pasien pengguna Kartu Indonesia Sejahtera adalah terkait sumber daya kesehatan dan fasilitas kesehatan yang masih kurang memadai. Kata Kunci : Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan |