JudulKEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUNJU KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI |
Nama: MOH.KAISAR PERDANA PUTRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Moh.Kaisar Perdana Putra, Stambuk B 101 17 267 Dengan judul skripsi “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam meningkatkan mutu pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Sunju”, Dibimbing oleh Ibu Mustainah sebagai pembimbing 1 dan Bapak Muhammad Rapi sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam meningkatkan mutu pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Sunju Kecamatan Marawola Kabuppaten Sigi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Enco Mulyasa (2009), dimana ada tujuh aspek. Ketujuh aspek tersebut adalah Educator, Manager, Administarator, Supervisor, Leader, Innovator, Motivator. Tipe penelitian ini adalah Tipe Penelitian Deskriptif Kualitatif, Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 (tiga) orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Observasi,Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil peneliti yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari Aspek Educator belum maksimal dimana kepala sekolah masih kurang memberikan pembinaan kepada komponen warga sekolah untuk bersama-sama mewujudkan visi dengan menjalankan segala aturan, kebijakan dan tatanan yang sudah ditetapkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran, Aspek Manager Kepala sekolah belum mampu mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada disekolah, Dilihat dari Aspek Administrator Sudah cukup baik,Aspek Leader belum maksimal karena Kepala sekolah belum cukup tegas dan berani dalam menegur tenaga pendidik yang melakukan kesalahan, Sementara itu Aspek Motivator Belum maksimal karena kepala sekolah belum mampu menjadi motivator sebagaimana mestinya, Aspek Supervisor Kepala sekolah juga sudah menjalankan dengan baik, Dan yang terakhir Aspek Inovator dimana kepala sekolah belum mampu memberi ide-ide baru untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di sekolah. Kata Kunci : Kepemimpinan, Educator , Manager, Administrator, Supervisor, leader, Innovator, dan Motivator. |