JudulKUALITAS PELAYANAN BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA PEMERINTAHAN DESA BALUKANG II KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA |
Nama: MARWAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK MARWAH, Stambuk : B 101 17 254, Judul Skripsi : “kualitas pelayanan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Pemerintahan Desa Balukang II Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala”. Dibimbing oleh Ibu Hj. Mustainah pembimbing I dan Bapak Muhammad Rapi Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa Balukang II Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Pada penelitian ini menggunakan Teori Kualitas Pelayanan Publik menurut Zeitamhl, Parasuraman dan Berry ada lima indikator yaitu: Bukti Langsung, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati. Tipe penelitian ini adalah Kualitatif dengan dasar penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan kegiatan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Analisis data dilakukan dengan cara Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan Berdasarkan Hasil penelitian yang menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Pemerintahan Desa Balukang II Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala yang mengacu pada teori Zeitamhl, Parasuaraman dan Berry dengan kelima indikator belum berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam indikator Daya Tanggap mengenai Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Desa Balukang II Pemerintahan Desa Belum mampu membantu dan tanggap menyediakan pelayanan dengan cermat dan tepat, Kemudian dilihat dari indikator Jaminan dimana kemampuan dan keramahan Pemerintahan Desa Balukang II belum mampu meyakinkan Masyarakat dilihat dari Jaminan Waktu dan Kepastian Biaya belum berjalan dengan baik. Begitupun dengan indikator Empati bahwa Pemerintahan Desa Balukang II mengenai Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya belum berjalan dengan baik di karenakan Bantuan Rumah tersebut tidak tepat sasaran. Sedangkan indikator Bukti Langsung dan Kehandalan sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, Masyarakat Berpenghasilan Rendah, Rumah Tidak Layak Huni. |