Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT BALUKANG KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA STUDI BAGI PASIEN PENGGUNA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN
Nama: MAGFIRAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Magfirah, Stambuk : B 101 17 253, Judul Penelitian, Kualtias Pelayanan Pusat kesehatan Masyarakat Balukang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala Studi Bagi Pasien Pengguna Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Penelitian ini bertujuan untuk membimbing bagaimana Kualitas Pelayanan Pusat kesehatan Masyarakat Balukang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala Studi Bagi Pasien Pengguna Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif.Sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Tekhnik penentuan informan dalam penelitian ini adalah Purposive dengan jumlah informan sebanyak 7 (Tujuh) orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori dari Talizduhu Ndraha, dimana ada empat indikator yang digunakan untuk mengukur Kualitas Pelayanan ialah Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan.Berdasarkan hasil penelitian di Puskesmas Balukang, dapat di tarik kesimpulan bahwa pelayanan yang di berikan oleh petugas kesehatan Puskesmas Balukang masih kurang baik, di nilai dari empat aspek kualitas pelayanan yaitu cepat, tepat, mudah dan adil. Pelayanan yang di berikan oleh pihak Puskesmas masih lambat, hal ini di karenakan pada saat jam kerja hanya ada dua orang petugas kesehatan yang melayani pasien, sehingga dalam proses pemberian layanan menjadi lambat. Selain itu pihak Puskesmas masih mendahulukan proses Administrasi dan masyarakat banyak mengeluhkan proses administrasi yang rumit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari pada langsung menangani pasien atau memberikan pertolongan pertama atas keluhan penyakit yang di derita atau melakukan proses secara bersamaan antara proses Administrasi dengan proses menangani pasien. Selain itu pelayanan yang di dapatkan oleh masyarakat terlihat belum adil, hal ini di karenakan adanya perbedaan perlakuan terhadap pasien ketika menerima pelayanan kesehatan saat pasien di rawat. Kata Kunci : Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up