JudulEFEKTIVITAS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN Di RUMAH SAKIT TK.III 13.06.01 Dr. SINDHU TRISNO |
Nama: EMIL SETIAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak EMIL SETIAWAN Stambuk B10117252, dengan Judul Efektivitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit TK.III 13.06.01 Dr. SINDHU TRISNO. Dibimbing oleh Ibu Daswati, M.Si bersama Bapak Muhammad Ahsan Samad, S.Ip,. M.Si. Penelitian ini bertujuan dalam upaya melihat efektivitas pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dalam pemenuhan kesehatan bagi masyarakat. Penelitian dilakukan karena dalam pembangunan sebuah negara, kesehatan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Penelitian ini untuk melihat seberapa efektivnya pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan melalui pelayanan yang diberikan kepada masyarakat pengguna layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Pelayanan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pelayanan administrasi serta pelayanan kesehatan sehingga masyarakat pengguna layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan akan merasa puas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan mengacu pada teori efektivitas yang dikemukakan oleh Richard M Steers dengan indikator yakni ; pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dengan jenis data primer dan sekunder. Dengan informan yang berjumlah sembilan orang antara lain : Kepala Rumah Sakit Dr.Shindu Trisno, Kepala Bidang Supervisor Frontliner Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Staf Komunikasi Publik dan Hukum, Dan 6 orang Masyarakat Pengguna Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) BPJS Kesehatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di rumah sakit Dr.Sindhu Trisno sebenarnya sudah efektif dan juga memberi manfaat kepada masyarakat mengurangi biaya untuk berobat, menaikkan tingkat kesehatan, pelayanan menjadi lebih baik dan akses kesehatan menjadi lebih mudah. Namun masih ada beberapa hambatan yang bersumber dari masyarakat yang harus bisa diatasi agar pelayanan kesehatan dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci : Efektivitas, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Pelayanan Kesehatan. |