JudulAnalisis Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: ALMA NATASYA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Alma Natasya B10117247, dengan judul "Analisis Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong". Dibimbing oleh Ibu Nuraisyah selaku pembimbing I dan bapak M. Kafrawi Al-Kafiah selaku pembimbing II. Kualitas pelayanan publik merupakan hasil interaksi dari berbagai aspek, yakni sistem pelayanan, sumber daya manusia pemberi layanan, strategi, dan costumers. Sistem pelayanan publik yang baik akan menghasilkan kualitas pelayanan publik yang baik pula. Suatu sistem yang baik akan memberikan prosedur pelayanan yang berstandar memberikan mekanisme kontrol di dalam dirinya. Dengan demikian segala bentuk penyimpangan yang terjadi akan mudah diketahui. Sistem pelayanan harus sesuai dengan kebutuhan costumers. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori dari Taliziduhu Ndraha, dimana ada empat indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan iyalah kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, peneliti menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang di berikan oleh pegawai pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parigi Moutong masih kurang baik, di nilai dari empat aspek kualitas pelayanan yaitu Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan. Pelayanan yang diberikan oleh pegawai masih lambat dan belum maksimal. Hal ini di karenakan masih banyaknya masyarakat yang mengeluhkan sistem pelayanan yang mereka dapatkan terkait dengan pengurusan berkas kependudukan. |