JudulPerilaku Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Di Kantor Kecamatan Ulujadi Kota Palu |
Nama: MALIANA BRYAN ALDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Maliana Bryan Alda B 101 17 218 dengan Judul “Perilaku Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Di Kantor Kecamatan Ulujadi Kota Palu”. Di bimbing oleh Pembimbing 1 Ibu Hj.Suasa, , Dan Pembimbing II Bapak Muhammad Rapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku Aparatur Sipil Negara dalam melayani masyarakat, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan sehingga dapat memuaskan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di kantor Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Siagian dengan aspek Kepedulian, Kedisiplinan, Kepekaan, dan Tanggung Jawab. Dasar penelitian ini menggunakan metode peneliian kualitatif dan tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan informan menggunakan metode purposive dimana peneliti dengan sengaja memilih orang-orang yang akan diwawancarai yang berpotensi dapat memberikan informasi sehingga dapat menjawab permasalah penelitian. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian yaitu Kepala Seksi Pelayanan Umum, Kasubag Kepegawaian Umum, dan Masyarakat, Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulakan bahwa perilaku Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Ulujadi Kota Palu belum baik dalam melakukan pelayanan secara menyeluruh kepada masyarakat, dilihat dari aspek kepedulian, kedisiplinan, kepekaan dan tanggung jawab. Dalam hal ini aspek kedisiplinan dan Tanggung jawab menjadi permasalahan, dimana masih ada saja aparat yang sering datang terlambat dan tidak berada ditempat kerja sewaktu masyarakat ingin dilayani dikarenakan aparat yang datang diluar waktu yang telah ditetapkan serta masih ada aparat yang belum menyelesaikan tugas dengan baik. Kata kunci : Kepedulian, Kedisiplinan, Kepekaan, dan Tanggung Jawab. |