Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIGI
Nama: CRISTIAN JEFAN BARANI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK CRISTIAN JEFAN BARANI , No Stambuk B 101 17 206, dengan judul skripsi “ penerapan Prinsi-Prinsip Good Governance dalam pelayanan Publik Di kantor Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Sigi. Dibawah bimbingan Hj. Mustainah (pembimbing Utama) dan Syamsidar (pembimbing kedua). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi. Penelitian ini Menggunakan tipe Penelitian Deskriptif dan tipe penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Agus Dwiyanto tentang Enam indikator untuk mengukur kualitas Pelayanan Publik terhadap masyarakat, Yaitu Partisipasi, Transparansi, Akuntabilitas, efisiensi, Non-Partisan Dan Responsif. Dalam penelitian ini Pemilihan Informan secara Purposive. Dimana peneliti sengaja akan memilih orang-orang yang dipandang memahami masalah yang akan di teliti. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan dua cara yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Berdasarkan hasil Penelitian Menunjukan Bahwa, Penerapan Prinsip-prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik di dinas kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten sigi seperti dalam Pengurusan Administrasi Kependudukan Akta Nikah sudah dilaksanakan dengan baik, hanya saja masih ada kendala-kendala yang terjadi di masyarakat maupun didinas dukcapil sendiri seperti dari segi keikutsertaan dan kesadaran masyarakat dalam mengikuti program-program atau kebijakan yang diberikan dukcapil, masih adanya oknom-oknum yang tak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi, pegawai yang lambat datang dan tidak hadir saat dibutuhkan, miskomunikasi yang terjadi antara masyarakat dan pihak dukcapil, serta gangguan server saat listrik padam sehingga proses pelayanan terganggu. Kata Kunci : Partisipasi, Transparansi, akuntabilitas, efisiensi, Non-Partisan, Responsif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up