JudulKINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN |
Nama: ZULFIKRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Zulfikri, Stambuk B101 17 190. Dengan judul “Kinerja Pegawai Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan”, Dosen Pembimbing Ibu Hj. Ani Susati selaku Pembimbing Utama dan Ibu Nuraisyah selaku Pembimbing Pendamping. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupataen Banggai Kepulauan, dengan menggunakan teori pengukuran kinerja menurut Suyadi Prawirosentono. Dengan indikator kerja yaitu efektifitas, tanggung jawab, disiplin, dan inisiatif. Dengan tipe penelitiana ini kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinenerja pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan belum optimal karena beberapa faktor yang menjadi penghambat antara lain. disiplin kerja pegawai yang dinilai masih belum optimal, hal ini disebabkan karena masih ada permasalahan yang ditimbulkan seperti tidak disiplin dalam melaksanakan tugas dalam ketentuan jam kerja, terlambat masuk, pulang lebih awal dilihat dari indikator inisiatif pegawai dinas sudah cukup baik, hal tersebut menunjukkan rasa kepedulian yang tinggi dari pegawai terhadap keberhasilan dari suatu pekerjaan. Berdasarkan hasil kesimpulan di atas, peneliti merekomendasikan beberapa saran terkait dari hasil penelitian mengenai “Kinerja Pegawai Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan yaitu . perlu adanya pengawasan yang ketat, teguran serta evaluasi yang lebih intensif terhadap pegawai yang melakukan kekeliruan, pelanggaran atau menyalahi aturan dalam melaksanakan tugas/pekerjaan, hal ini diperlukan agar mendorong tanggung jawab pegawai terhadap tugas yang dibebankan kepadanya, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja pegawai, yang akhirnya berimbas pada peningkatan kinerja pegawai itu sendiri, perlu adanya upaya peningkatan kualitas pegawai dengan bimbingan teknis, pelatihan-pelatihan serta penyuluhan yang dilakukan secara berkala, dan juga perlu adanya pemberian penghargaan kepada pegawai yang bekerja profesional, rajin dan disukai pengunjung sehingga pegawai yang lain termotifasi untuk meningkatkan kemampuan serta kinerja dalam melaksanakan pekerjaan serta dalam melayani pengunjung. Kata Kunci : Efektifitas, Tanggung jawab, Disiplin, dan Inisiatif |