JudulKUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: KINANTI DWI AYU KUMALA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Kinanti Dwi Ayu Kumala, Stambuk B 101 17 181 Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi, dengan judul “Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Parigi Moutong” Pembibing I : Ani Susanti, Pembimbing II : Nuraisyah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Parigi Moutong. Pada penelitian ini menggunakan Teori Kualitas Pelayanan Publik menurut Zeithaml, Parasuraman, dan Berry dimana ada 5 faktor indikator yaitu : Tangibles (Berwujud), Realibility (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi (pengamatan), Wawancara informan secara mendalam dan dokementasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Parigi Moutong sudah cukup baik dan maksimal, ditinjau dari indikator Tangibles, Responsiveness, Assurance yang sudah cukup baik, hanya saja pada indikator Reability perlu ada penambahan sumberdaya manusia agar tidak ada lagi pegawai yang melakukan pekerjaan diluar tupoksinya dan peningkatan sistem pada pelayanan melalui internet, kemudian indikator Empathy perlu diperhatikan dan dimaksimalkan lagi agar tidak ada pelayanan yang dilakukan secara khusus kepad beberapa orang. Kata kunci : Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan, Tangibles (Berwujud), Realibility (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati). |