JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA HUTAN KOTA KAOMBONA DINAS PARIWISATA KOTA PALU |
Nama: ERWIN PERDIANTO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Erwin Perdianto, Stambuk B 101 17 178 “Strategi Pengembangan Obyek Wisata Hutan Kota Kaombona Dinas Pariwisata Kota Palu”. Dibimbing oleh Slamet Riadi dan Nuraisyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pengembangan Obyek Wisata Hutan Kota Kaombona Dinas Pariwisata Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu tipe penelitian yang bertujuan memberikan gambaran secara sistematis, factual dan akurat mengenai data yang ada di lapangan tentang strategi pengembangan obyek wisata hutan kota kaombona dinas pariwisata kota palu. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka dan studi lapangan (observasi, wawancara, dokumentasi). Adapun informan yang di ambil dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang, yakni Kepala Dinas Kota Palu, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Kepala Bidang Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan dan Kepala Seksi Pengembangan Destinasi Pariwisata. Dengan menggunakan teori yang di kemukakan oleh Mintzberg, Lampel, Quinn, Ghoshal dengan 3 (tiga) indikator Strategi Pengembangan yaitu, Tujuan, Kebijakan, Program. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikatakan bahwa Strategi Pengembangan Obyek Wisata Hutan Kota yang ditinjau dari ketiga indikator tersebut sudah berjalan dengan baik. Karena pengembangan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi pemerintah, wisatawan dan terutama masyarakat perekonomian kecil dimana mereka dapat menumbuhkan pendapatan ekonomi mereka, yang secara otomatis pelayanan administrasi, sarana prasarana, dan produk pariwisata khas hutan kota kaombona akan ditingkatkan guna menarik pengunjung/wisatawan untuk berkunjung. Dengan usaha-usaha pengembangan tersebut di atas maka sesuai dengan harapan akan terjadi kenaikan jumlah wisatawan yang akan berdampak pada masyarakat setempat yang akan berkontribusi pada peningkatan jumlah Pendapatan Asli Daerah. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Obyek Wisata, Kota. |