JudulMANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DIKANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALU |
Nama: SUCI RAHMAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Suci Rahmawati, stambuk B 101 17 174 Program studi Ilmu Administrasi public jurusan ilmu administrasi dengan judul skripsi : Manajemen Pelayanan Haji Dikantor Kementerian Agama Kota Palu. (Ibu Hj Mustainah selaku pembimbing 1, Ibu Mukarramah selaku pembimbing 2). Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui manajemen pelayanan jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Palu tahun 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang terjadi dalam proses pelayanan ibadah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Palu tahun 2019, seperti permasalahan dalam proses pendaftaran terdapat ketidaksinkronan dokumen identitas diri jamaah haji antara dokumen pendukung dan dokumen utama jamaah haji. Permasalahan pada pemahaman materi bimbingan haji oleh jamaah haji, karena faktor usia, ekonomi dan faktor pendidikan yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman materi bimbingan haji. Permasalahan ini menuntut staf seksi penyelenggara haji untuk melakukan pelayanan dengan penjelasan yang ekstra,jelas dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa manajemen pelayanan jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Palu dimulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang bekerja sama dengan Lembaga Pemerintahan yang membantu menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji. Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan di Kantor Kementerian Agama Kota Palu antara lain:pelayanan pendaftaran haji, pembatalan haji,pengusulan jamaah haji lansia,penggabungan mahram yang mendaftar terpisah,bimbingan manasik haji,pembagian kelompok regu,kelompok rombongan serta pelayanan perlindungan jamaah haji. Kata Kunci : Perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan,pengawasan |