Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAkuntabilitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palopo
Nama: LILY MADANPURI MUIS
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Lily Madanpuri Muis, B 101 17 140 “Akuntabilitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palopo”. Dibimbingan oleh Slamet Riadi dan Nuraisyah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif yaitu suatu tipe penilitian yang bertujuan memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai data yang ada di lapangan tentang akuntabilitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Palopo. Sumber data berasal dari pengumpulan hasil data primer dan sekundar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Wahyudi Kumorotomo dimana ada tiga indikator yang digunakan dalam mengukur akuntabilitas pelayanan, yaitu laporan kinerja secara transparan, aspek nilai didalam masyarakat, pelayanan mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat simpulkan bahwa akuntabilitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Palopo belum berjalan baik. ditinjau dengan indikator laporan kinerja secara transparan belum berjalan baik, dimana segi kinerja pelayanan belum transparan kepada masyarakat mengenai alur pelayanan, kemudian ditinjau dari aspek-aspek nilai didalam masyarakat belum maksimal, dimana pegawai dalam memberikan pelayanan belum menerapkan nilai keramahan, keadilan, mempunyai kebanggaan, kecerdasan, kejujuran, kurangnya nilai keramahan dalam melayani masyarakat, masih kurangnya nilai Kebanggan dan kecerdasan karena pegawai belum melaksanakan tugas secara efektif, tanggap dan bertanggungjawab sehingga tidak ada rasa kebanggaan terhadap jabatan yang dimiliki serta kurangnya nilai keadilan yang mereka dapatkan dalam pelayanan. Serta ditinjau dari indikator pelayanan mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat sudah cukup baik, baik hanya saja masih ada yang perlu dibenahi seperti dalam memberikan pelayanan pegawai perlu memahami tugas dan jabatan yang telah dipercayakan. Kata Kunci : Akuntabilitas Pelayanan, Laporan Kinerja, Aspek Nilai, Pelayanan Publik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up