JudulKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PENGURUSAN SURAT PENGANTAR PEMBUATAN ELEKTRONIK-KTP (e- KTP) PADA KANTOR DESA MAKU KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI |
Nama: REZA FEBRIANTO |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nama REZA FEBRIANTO B 101 17 131, dengan judul skripsi: “ Kualitas Pelayanan Pengurusan Surat Pengantar Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada kantor Desa Maku Kecamatan Dolo kabupaten Sigi”. Dibimbing oleh bapak Dr.Nasrullah, M.Si. selaku pembimbing I, dan Bapak Rachmad S.Sos, MAP selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pengurusan surat pengantar pembuatan E-KTP pada kantor Desa Maku. Teori yang digunakan dalampenelitian ini adalah teori dari Taliziduhu Ndraha, dimana ada empat indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan yang diberikan Pegawai kantor Desa Maku. Keempat indikator itu ialah Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan dan keadilan. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, jumlah informan dalam penelitan ini sebanyak 7 (tujuh) orang. Teknik pengumpulan data melalu observasi,wawancara bersama informan secara mendalam serta dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data premier dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pegawai Desa Maku belum sepenuhnya menunjukan kualitas pelayanan yang baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan waktu pelayanan yang tidak sesuai serta masih kurangnya fasilitas yang ada dikantor itu dan sebagian dari mereka masih ada yang membeda-bedakan status dalam pelayanannya sehingga waktu penyelesaian terlihat masih kurang merata. Kata Kunci : Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan. |