JudulKEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BIROMARU KABUPATEN SIGI |
Nama: FIQRAH PRATAMA NUGRAHA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Fiqrah Pratama Nugraha, Stambuk B 101 17 129 Program studi Ilmu Admnistrasi publik, jurusan ilmu administrasi Dengan judul skripsi “Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Biromaru Kabupaten Sigi”, Dibimbing oleh Bapak Rizali Djaelangkara sebagai pembimbing 1 dan Ibu Mukarramah sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Biromaru Kabupaten Sigi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Enco Mulyasa (2009), dimana ada tujuh aspek yang digunakan untuk mengukur kepemimpinan Kepala sekolah pada Sekolah Dasar Negeri 1 Biromaru Kabupaten Sigi. Ketujuh aspek tersebut adalah Educator, Manager, Administarator, Supervisor, Leader, Innovator, Motivator. Tipe penelitian ini adalah Tipe Penelitian Deskriptif Kulitatif, Teknik penentutan informan adalah purposive sampling, dengan jumlah informan berjumlah 5 orang, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi (pengamatan), wawancara informan secara mendalam, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data , model data (data display), Penarikan/Verifikasi Kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan Trianggulasi Sumber. Dari hasil penelitan dilapangan dapat disimpulkan dari Aspek Educator sudah berjalan dengan maksimal. Aspek Manager masih belum maksimal dilihat dari pelatihan yang diberikan untuk tenaga pendidik dalam pelatihan belajar mengajar masih kurang serta kepala sekolah belum mengoptimalkan sumber daya manusia dan asset sarana dan prasarana yang ada disekolah. Aspek Administrator sudah dapat dikategorikan maksimal. Aspek Supervisor, kepala sekolah dalam perannya tidak selalu melakukan supervise dengan baik dapat dilihat dari kepala sekolah yang tidak selalu mengawasi guru untuk melakukan evaluasi dan pemanfaatan hasil supervisi sehingga kurang memotivasi guru dan memberikan arahan untuk tenaga pendidik. Aspek Leader dilihat dari kepribadian yang dimiliki oleh kepala sekolah yaitu jujur, berjiwa besar, dan bertanggung jawab. Tetapi kepala sekolah masih kurang percaya diri untuk mengambil resiko dan keputusan dalam masalah-masalah kecil. Serta memahami visi dan misi sekolah. Sementara itu pada aspek Innovator belum cukup maksimal karena kepala sekolah belum sanggup menerima dan menemukan gagasan baru dari pihak lain dan tenaga pendidik, serta belum cukup mampu melalakukan pembaharuan demi perkembangan sekolah dalam kegiatan belajar mengajar pada peserta didik di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Kemudian aspek Motivator sudah dilaksanakan dengan baik sebagaimana mestinya. Kata Kunci : Educator , Manager, Administrator, Supervisor, leader, Innovator, dan Motivator |