JudulKualitas Pelayanan Pendamping Program Keluarga Harapan Di Kelurahan Taipa Kecamatan Palu Utara |
Nama: RIKA MARNI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Rika Marni, Stambuk B 101 17 126 Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi, dengan judul “Kualitas Pelayanan Pendamping Program Keluarga Hrapan (PKH) Kelurahan Taipa Kecamatan Palu Utara” Pembimbing I : Nawawi Natsir dan Pembimbing II : Awaluddin. Pelayanan publik terkandung dalam (Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik) adalah undang-undng yang mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintah yang baik yang merupakan efektivitas fungsi-fungsi pemerintah itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang pelayanan pendamping Program Keluarga Hrapan (PKH) di Kelurahan Taipa Kecamatan Palu Utara. Pada penelitian ini menggunakan Teori Kualitas Pelayanan Publik menurut Parasuraman dimana ada 5 faktor indikator yaitu : Tangible (Bukti fisik), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Kesanggupan), Assurance (Jaminan) Empaty (Sikap Peduli). Tipe penelitian ini adalah kalitatif dengan dasar penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan carra obsevasi/pengamatan, interview/wawancara, mendalam dengan informan, dan kegiatan dokumentasi. Informan dalm penelitian ini berjumlah 5 Orang. Analisis data dilakukan dengan cara pengumplan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa, Kualitas Pelayanan Pendamping Di Kelurahan Taipa sudah cukup maksimal. Hal ini bisa dilihat dari lima indikatornya yaitu : Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empaty mendapatkan respon yang positif dari masyarakat yaitu cukup baik. Tetapi pada indikator Tangible mendapatkan respon yang belum cukup baik. Seperti pada indikator Tangible belum di sediakan sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan Program Keluarga Harapan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Pendamping PKH |