Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi
Nama: NANANG KURNIAWAN
Tahun: 2024
Abstrak
Nanang Kurniawan : B 101 17 119 , Prodi Administrasi Publik, Judul Efektivitas Pelayanan Publik di kantor Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi dibimbing oleh Bapak Dr. Muzakir Tawil M. Si. Selaku Pembibing I dan Bapak Moh Rapi S.SOS M.Si Selaku Pembimbing II. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dan dasar penelitian kualitatif kemudian mengambil teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka dan studi lapangan. Informan dalam penelitian ini berjumlah (5) orang yang dipilih menggunakan metode purposive. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori sterr (1985:87) dengan indikator, yaitu pencapaian tujuan yang berarti program yang mencapai sasaran meliputi KK,KTP,e-KTP,IMB,AKTA dan sebagainya. Indikator kedua Integrasi yang artinya pengukuran terhadap tingkat kemampuan suatu organisasi seperti halnya sosialisasi, pengembangan konsensus, dan Komunikasi. Indikator ke tiga Adaptasi yaitu kemampuan organisasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, seperti halnya proses penyesuaian diri dilakukan pengadaian dan pengisian tenaga kerja, meliputi sarana dan prasarana, fasilitas. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan adalah dari tiga indikator menurut sterr yang digunakan peneliti untuk melihat efektivitas pelayanan publik di Kantor Camat Palolo yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi sudah berjalan dengan baik. Namun masih ada masalah atau kendala pada aspek yang ketiga yaitu adaptasi pada proses seperti halnya penyesuaian diri dilakukan dengan pengadaian dan pengisian tenaga kerja, meliputi sarana dan prasarana, fasilitas. Kendala yang di alami pemerintah Kecamatan adalah langkahnya blangko pencetakan E-KTP sehingga proses administrasi khususnya administrasi kependudukan memakan waktu yang lama. Melihat kondisi kantor dan fasilitas yang ada masih belum terbilang layak sebagai tempat pelayanan umum masyarakat. Kondisi kantor sempit tidak seimbang dengan jumlah masyarakat yang harus dilayani setiap hari. Menurutnya tata ruang dan fasilitas dikantor ini harus ditingkatkan untuk mencerminkan garda terdepan dalam pelayanan masyarakat yang layak. Ruangan memang butuh perbaikan yang selayak sebagai tempat pelayanan umum masyarakat. Penduduk banyak, tapi dari segi kantor (kondisi dan fasilitas) masih kurang, pelayanan masih belum bisa mencerminkan garda terdepan, dalam pelayanan. Tata ruang dan fasilitas memang harus ditingkatkan, sehingga ini bisa jadi perhatian Pemerintah Pusat Daerah bahwa masih ada kantor camat yang belum memenuhi sarana prasarana untuk pegawai dalam melakukan aktivitas di Kantor Camat Palolo. Kata Kunci : Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Adaptasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up