Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERILAKU BIROKRASI DALAM PELAYANAN DANA BANTUAN STIMULAN KORBAN BENCANA ALAM PADA KANTOR KELURAHAN TAVANJUKA KOTA PALU
Nama: MUHAMMAD ANDYKA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Muhammad Andyka stambuk B 101 17 115 dengan judul skripsi “ Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Dana Bantuan Stimulan Korban Bencana Alam Pada Kantor Kelurahan Tavanjuka Kota Palu”, dibimbing oleh bapak Abdul Rivai selaku pembimbing 1 dan ibu Mukarramah selaku pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Dana Bantuan Stimulan di Kantor Kelurahan Tavanjuka Kota Palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Siagian (1994:102-112), dimana ada empat dimensi yang digunakan untuk mengukur perilaku birokrasi dalam pelayanan Dana Bantuan Stimulan di Kantor Kelurahan Tavanjuka Kota Palu. Keempat dimensi tersebut yaitu Peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Dana Bantuan Stimulan di Kantor Kelurahan Tavanjuka Kota Palu belum maksimal. Karena dari empat dimensi yaitu peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab ada dua dimensi dalam perilaku birokrasi yang belum cukup baik yaitu dimensi Disiplin dimana masih sering terjadi keterlambatan serta pulang sebelum jam operasional selesai oleh aparat Kelurahan Tavanjuka, sehingga mengakibatkan pelayanan menjadi tertunda. Dimensi Tanggung Jawab dimana petugas dalam memberikan pelayanan kurang transparansi kepada masyarakat dinilai dari penentuan standar pengkategorian dalam pendataan penerima bantuan dana stimulan, sehingga menimbulkan pertanyaan dan kecurigaan oleh masyarakat yang dapat menyebabkan kecemburuan sosial. Pada dimensi Peduli dan Peka sudah baik dilihat dari ketanggapan pegawai dalam merespon segala kebutuhan penerima bantuan dana stimulan dalam memberikan informasi dan mengarahkan masyarakat yang mengalami kendala dalam pengurusan berkas persyaratan. Kata Kunci : Peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up