JudulKUALITAS PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PENCATATAN PERKAWINAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TORIBULU KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: FETTY |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK FETTY, Stambuk B 101 17 107 Program Studi Ilmu Administrasi Publik,Jurusan Ilmu Administrasi, dengan judul “Kualitas Pelayanan Aparatur Sipil Negara Dalam Pencatatan Perkawinan Di kantor Urusan Agama Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong” Di bimbing oleh Abu Tjaiya dan Muhammad Rapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang pelayanan pencatatan perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Toribulu. Pada penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan publik menurut Levinne dimana ada 3 indikator yaitu: Responsivitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas. Tipe penelitian ini Kualitatif dengan dasar penelitian Deskriptif Kualitatif, Teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah dengan cara observasi/pengamatan, Interview/Wawancara, dan kegiatan dokumentasi, Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan peneliti bahwa kualitas pelayanan pada Kantor urusan agama kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong belum maksimal atau belum berjalan dengan baik karena dilihat dari segi Responsivitas pihak KUA belum mampu merespon dengan baik kebutuhan masyarakat/pelanggan seperti pelayanan yang cepat, murah dan nyaman dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana dikantor tersebut seperti komputer, kursi ruang tunggu, pendingin ruangan, dan fasilitas lainnya . Sedangkan dari segi akuntabilitas Pelayanan yang diberikan masih rendah dikarenakan ketidakdisiplinan pegawai dalam menyelesaikan tugas sehingga pelayanan terlambat. Kata Kunci: Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas. |