JudulKualitas Pelayanan Pengguna Kartu Bpjs Di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utata Kota Palu |
Nama: NAFA YUNISTA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nafa Yunista Stambuk B 101 17 072 Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi, dengan judul “Kualitas Pelayanan Pengguna Kartu BPJS Di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu” Pembimbing I : Ani Susanti dan Pembimbing II : H. Nastainuddin Bolong Pelayanan publik terkandung dalam (Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik) adalah undang-undang yang mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintah yang baik yang merupakan efektivitas fungsi-fungsi pemerintah itu sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelayanan pengguna kartu BPJS di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu. Landasan teori Idup Suhady (2000) dengan indikator tepat, cepat, ramah, dan murah. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dan bahan melalui observasi, wawancara dan penentuan informan dengan jumlah informan sebanyak 7 informan. Sehubungan dengan uraian diatas tentang pelayanan pengguna kartu BPJS di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Palu, maka dapat disimpulkan bahwa dari 4 indikator (cepat, tepat murah dan ramah) yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yang paling berpengaruh dan melihat kualitas pelayanan adalah kecepatan dan ketepatan. Yang merupakan hal utama untuk menentukan kualitas yang diberikan cepat, tepat baik dan buruk. Karna hal pokok dalam memberikan pelayanan yang baik terletak pada respon petugas yang tepat, manajemen waktu yang digunakan tepat, keramahan petugas serta biaya yang dibebani dll. Sehingga hasil itulah yang menentukan berkualitas atau tidaknya pelayanan yang diberikan hal ini di ikuti pula oleh pernyataan informan yang merasa puas akan kesehatan yang diberikan maka akan meningkatkan rasa puas pada pasien yang menggunakan layanan kesehatan. Kata kunci : Pelayanan Pengguna Kartu BPJS |