JudulKualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala |
Nama: REFORMITA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK REFORMITA, Stambuk B10117015, dengan judul skripsi yaitu :“Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala”, dibimbing oleh Ibu Suasa bersama Ibu Nuraisyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori dari Lenvine (1990), dimana ada tiga dimensi kualitas pelayanan yang terdiri atas Responsiveness, Responsibility dan Accountability. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang. Metode penelitian yang digunakan ialah Deskriptif Kualitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala sudah cukup baik. Dapat dilihat dari ketiga dimensi yang digunakan peneliti untuk mengukur kualitas pelayanan, terdapat satu aspek yang sudah maksimal yaitu Accountability(akuntibilitas).Sedangkan pada aspek Responsivenees (daya tanggap) dan Responsibility (tanggung jawab) menunjukan hasil kurang maksimal.Sehingga perlu ditingkatkan kembali agar mencapai pelayanan yang lebih berkualitas. Kata kunci :Responsivenees, Responsibility, Accountability |