JudulPERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 16 KOTA PALU |
Nama: AGNES MARDIANA LIUW |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Agnes Mardiana Liuw, Stambuk B 101 17 012 Program studi Admnistrasi Publik, jurusan Ilmu Administrasi dengan judul skripsi “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri 16 Kota Palu”, Dibimbing oleh Ibu Mustainah sebagai pembimbing I dan Bapak Kafrawi Al-Kafiah Samsu sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri 16 Kota Palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Enco Mulyasa (2009), dimana ada tujuh aspek yang digunakan untuk mengukur kepemimpinan Kepala sekolah pada Sekolah Dasar Negeri 16 Kota Palu. Ketujuh aspek tersebut adalah Educator, Manager, Administarator, Supervisor, Leader, Innovator, Motivator. Tipe penelitian ini adalah Tipe Penelitian Deskriptif Kulitatif, Teknik penentuan informan adalah purposive sampling, dengan jumlah informan 5 orang, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, model data (data display), Penarikan/verifikasi kesimpulan. Dari hasil penelitian dilapangan dapat disimpulkan dari Aspek Educator sudah berjalan dengan maksimal. Aspek Manager sudah dilaksanakan dengan maksimal. Aspek Administrator sudah dapat dikategorikan maksimal. Aspek Supervisor belum berjalan dengan baik dilihat dari kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya kurang melakukan supervisi dengan baik, sehingga guru-guru kurang mendapatkan bimbingan serta arahan untuk keterampilan tenaga pendidik. Aspek Leader belum maksimal dilihat dari kepala sekolah yang masih berbeda pendapat antara guru/staf dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan kerja sekolah serta kepribadian yang dimiliki kepala sekolah kurangnya kepercayaan diri untuk mengambil resiko dan keputusan. Pada Aspek Innovator kepala sekolah yang belum sanggup menemukan ide atau gagasan terbaru dalam meningkatkan pembelajaran serta kurangnya peran kepala sekolah dalam mengikuti kegiatan kelompok belajar sehingga guru-guru minim informasi untuk melakukan program pembelajaran. Kemudian Aspek Motivator sudah dilaksanakan dengan maksimal sebagaimana mestinya. Kata Kunci : Educator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator dan Motivator. |