JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS DI SMP SATAP NEGERI 1 KEC. PARIGI TENGAH KAB. PARIGI MOUTONG |
Nama: MIRAYANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Mirayanti, Nomor Stambuk B101 17 009. Dengan judul “Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di SMP Satap Negeri 1 Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Tengah”. Dibimbing oleh pembimbing 1 H. Abu Tjaija dan pembimbing II Hj. Suasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi kebijakan pendidikan gratis di SMP Satap Negeri 1 Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Tengah dalam prosesnya sudah sesuai dengan peraturan yang ada yang dikur dengan menggunakan teori implementasi yang dikemukakan oleh George C. Edwar III yang terdiri empat aspek yaitu omunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini di tentukan secara proposive sampling yang berjumlah 7 orang. Data yang dikumpul disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan data kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis yang di kemukakan oleh Miles dan Huberman. Dengan menggunakan empat aspek di atas hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan pendidikan gratis di SMP Satap Negeri 1 kecamatan parigi tengah kabupaten parigi moutong belum sepenunya berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam proses penyelenggaraannya komponen yang di gratiskan terdapat dalam peraturan daerah belum konsisten kemudian sumber daya manusia belum mencukupi dan fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar belum terpenuhi di sekolah tersebut sedangkan pada aspek lainnya sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Komunikasi, Sumber daya,Disposisi dan Struktur Birokrasi |