JudulKUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN DONGGALA |
Nama: ROSNI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dalam pembuatan KTP elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Donggala, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dimana penarikan informannya dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penelitian lapangan (Observasi, Wawancara, Dokumentasi) sedangkan informan yang digunakan 7 orang. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Lenvine dengan menggunakan 3 aspek, yaitu Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan KTP Elektronik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Donggala, belum berkualitas karena dilihat dari aspek responsivitas sudah berjalan dengan baik dengan mendekatkan diri kepada masyarakat dengan turun lansung kesetiap kecamatan melakukan perekaman melalui sistem mobile, pada aspek responsibilitas belum maksimal dikarenakan Standar Oprasional Prosedur belum terlaksana dengan baik serta penerapan prinsip-prinsip administrasi belum sesuai dengan yang ditetapkan, pada aspek akuntabilitas belum maksimal karena kurangnya ketelitian dalam mengelolah data identitas masyarakat. This study aims to determine the quality of public services in making electronic ID cards at the Department of Population and Civil Registration of Donggala Regency. This research was conducted using descriptive qualitative research with descriptive type. Where the withdrawal of the informants was carried out by using purposive sampling technique. Types of data are primary data and secondary data. The data collection technique was carried out through field research (Observation, Interview, Documentation) while the informants used 7 people. This study uses the theory proposed by Lenvine by using 3 aspects, namely Responsiveness, Responsibility, Accountability. The results showed that the quality of public services in making electronic ID cards at the Department of Population and Civil Registration of Donggala Regency, has not been qualified because from the aspect of responsiveness it has gone well by getting closer to the community by going down directly to each sub-district recording via a mobile system, on the aspect of responsibility not optimal because the Standard Operating Procedure has not been implemented properly and the application of administrative principles is not in accordance with the stipulated, in the aspect of accountability it has not been maximized due to the lack of accuracy in managing community identity data.. |