JudulKUALITAS PELAYANAN PASIEN INSTALASI GAWAT DARURAT DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT PANTOLOAN |
Nama: LISA HANDAYANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Lisa Handayani, Stambuk B 101 16 121 dengan judul Skripsi : “Kualitas Pelayanan Pasien Instalasi Gawat Darurat (IGD) Di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Pantoloan”, dibimbing oleh Hj. Mustainah selaku pembimbing I dan Muhammad Rapi selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pasien instalasi gawat darurat (IGD) di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pantoloan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Deskriptif sendiri mengacu pada suatu upaya untuk mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, untuk itu peneliti dibatasi hanya mengungkapkan faktafakta dan tidak menggunakan hipotesa. Sedangkan pendekatan kualitatif ialah untuk mendapatkan pemahaman yang sifatnya secara umum terhadap kenyataan sosial dari perspektif partisipan. Adapun pihak yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini sebanyak tujuh orang, yaitu Kepala Puskesmas Pantoloan, Penanggung Jawab IGD Puskesmas Pantoloan, Perawat serta Masyarakat. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, antara lain pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Taliziduhu Ndaraha (2003), yang mana menjelaskan bahwa terdapat empat indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat, yaitu : kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menujukan bahwa keempat indikator kualitas pelayanan yang digunakan sebagai acuan dalam melihat kualitas pelayanan pasien IGD di Puskesmas Pantoloan berjalan dengan baik. Pada indikator kecepatan terlihat bahwa Kepala Puskesmas serta tenaga kesehatan di Puskesmas Pantoloan menyadari bahwa kecepatan dalam memberikan pelayanan bagi pasien / masyarakat sangat penting, karena hal tersebut menyangkut keselamatan pasien / masyarakat itu sendiri. Pada indikator ketepatan terlihat bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan standar pelayanan. Pada indikator kemudahan terlihat bahwa Puskesmas Pantoloan memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Pada indikator keadilan terlihat bahwa Puskesmas Pantoloan sangat adil dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat / pasien tanpa memandang status sosial serta tingkat ekonomi yang dimiliki oleh masyarakat tertentu. Kata kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan iv |