Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN BANAWA SELATAN KABUPATEN DONGGALA
Nama: ISMAWATI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ismawati, No. Stambuk B 101 16 120, Program Studi Ilmu Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Tadulako dengan Judul Skripsi “Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala”. Dibimbing oleh Bapak Drs. Nastainuddin Bolong, M.Si. Pelayanan publik yang berkualitas adalah salah satu pilar untuk menunjukkan berubahnya penyelenggaraan pemerintahan yang berpihak pada peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Di Kantor Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala, merupakan instansi yang melayani segala bentuk pelayanan masyarakat sesuai kebutuhannya. Bentuk pelayanan yang paling sering kita temui adalah pelayanan administrasi, seperti pelayanan surat keterangan domisili, surat pengantar pembuatan KTP, dan lain-lain. Untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik, maka pemerintah harus menempatkan jumlah dan kualitas staf/aparat yang ada sesuai dan memiliki pemahaman akan pelayanan publik yang baik. Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala, dirasakan masih belum memuaskan. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar adanya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik Di Kantor Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dimana penarikan informannya dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penelitian lapangan (Observasi, Wawancara, Dokumentasi) sedangkan informan yang digunakan 5 orang. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Taliziduhu Ndaraha dengan menggunakan 4 aspek, yaitu Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala, belum berkualitas karena dilihat dari aspek Kecepatan belum terlaksan karena masih terdapat keterlambatan pemberian pelayanan, pada aspek ketepatan juga belum maksimal karena kurangnya kedisiplinan waktu pemberian pelayanan, pada aspek kemudahan belum berjalan dengan baik karena komunikasi antara aparat dan masyarakat kurang baik, pada aspek keadilan belum bisa dikatan baik karena masih dikriminatif terhadap masyarakat dalam memberikan pelayanan. Kata Kunci : Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, Keadilan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up