JudulManajemen Angkutan Umum Pada Dinas Perhubungan Darat Di Kota Palu |
Nama: NINA MARLIANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK NINA MARLIANTI, Stambuk B 101 16 102, dengan judul skripsi yaitu: “Manajemen Angkutan Umum Pada Dinas Perhubungan Darat Di Kota Palu”, dibimbing oleh Suasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori George R. Terry, dimana ada empat dimensi yang digunakan untuk melihat manajemen yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Palu. Keempat dimensi tersebut adalah Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Penggerakan) dan Controlling (Pengawasan). Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Manajemen Angkutan Umum Pada Dinas Perhubungan Darat Di Kota Palu dikatakan belum baik. Karena dari keempat dimensi yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasiaan), Actuating (Penggerakan) dan Controlling (Pengawasan), ada dua dimensi dalam manajemen yang belum baik yaitu dimensi Actuating (Penggerakan) dimana supir angkutan umum perkotaan masih banyak yang belum melakukan perpanjangan izin trayek dan tidak membawa surat-surat yang lengkap pada saat beroperasi, dimensi Controlling (Pengawasan) dimana adanya pelanggaran tata tertib lalu lintas pada saat beroperasi dan masih banyak supir angkutan umum perkotaan yang beroperasi tidak sesuai dengan rute yang telah ditetapkan kemudian masih banyak yang belum melengkapi syarat untuk melakukan perpanjangan izin trayek. Pada dimensi Planning (Perencanaan) dan Organizing (Pengorganisasian) sudah baik, dimana Dinas Perhubungan Kota Palu sudah melakukan pembenahan angkutan umum perkotaan dengan baik dan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan penumpang, melakukan tugas sesuai dengan tupoksi masing masing dan sudah melakukan koordinasi yang baik pada saat bekerja. Kata Kunci : Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Penggerakan), Controlling (Pengawasan). |