JudulKualitas Pelayanan Pendaftaran Calon Jamaah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kota Palu |
Nama: CITRA ASARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak penelitian ini dilakukan di kantor kementerian agama kota palu yang bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendaftaran calon jemaah haji. Penelitian ini menggunakan teori dari Ndraha taliziduhu dengan indikator kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Tipe penelitian deskritif kualitatif dengan sumber data yaitu data sekeunder dan data primer, adapun sumber data primer berupa informan yang berjumlah tuju orang yang terdiri dari kepala kantor, kepala seksi penyelenggaraan haji, staf dan empat dari calon jamaah haji. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pendaftaran calon jemaah haji di kantor Kementerian agama kota palu belum dikatakan baik. Karena dari empat indikator yaitu kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Ada dua indikator dalam kualitas pelayanan yang belum baik yaitu indikator keadilan masih belum baik dilihat dari masih adanya keluhan dari calon jamaah haji yang tidak mendapatkan kesamaan waktu dan adanya calon jamaah haji yang bisa berangkat dari waktu yang telah ditentukan. Untuk indikator ketepatan pelayanan yang diberikan juga masih belum baik dimana masih adanya pengawai yang ada di kantor Kementerian agama kota palu pada saat dibutuhkan tidak ada di tempat atau tidak masuk. Untuk indikator kecepatan dan kemudahan sendiri sudah baik akan tetapi harus perlu ditingkatkan lagi. |