JudulPERILAKU BIROKRASI DALAM PELAYANAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN PADA KANTOR DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALU |
Nama: INDAH DWI LESTARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak INDAH DWI LESTARI, Stambuk B 101 16 067. Dengan judul skripsi yaitu: “Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan Pada Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu”, dibimbing oleh Ibu Hj. Suasa dan Bapak Muhammad Rapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Surat Izin Usaha Pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Siagian (1994:102-112), dimana ada empat dimensi yang digunakan untuk mengukur perilaku birokrasi dalam pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan Pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu. Keempat dimensi tersebut yaitu Peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab. Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Surat Izin Usaha perdagangan Pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palu cukup baik. Karena dari empat dimensi yaitu peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab ada dua dimensi dalam perilaku birokrasi yang cukup baik yaitu dimensi Disiplin dimana masih sering terjadi keterlambatan oleh tim teknis dalam melakukan peninjauan lapangan sehingga mengakibatkan pelayanan menjadi tertunda, tidak adanya kepastian waktu yang konsisten dari pegawai dan dalam penyelesaiannya di luar dari Standar Operasional Prosedur Surat Izin Usaha Perdagangan. Dimensi Tanggung Jawab dimana petugas dalam memberikan pelayanan belum begitu cepat dan tepat dalam penyelesaian surat izin perdagangan dikarenakan masih sering terjadi keterlambatan dalam memproses berkas dan juga pada waktu-waktu tertentu gangguan jaringan yang terkadang bermasalah sehingga mengakibatkan sistem tidak berjalan dengan baik. Pada dimensi Peduli dan Peka sudah baik dilihat dari ketanggapan pegawai dalam merespon segala kebutuhan pemohon izin usaha, serta kemampuan pegawai dalam menanggapi dan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi pemohon izin usaha Kata Kunci : Peduli, Disiplin, Peka dan Tanggung Jawab |