Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Kulawi Desa Bolapapu Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi
Nama: TARIOLAN HOLISON TARIGAN
Tahun: 2019
Abstrak
Tariolan Tarigan, Stambuk B 101 16 058 “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Kulawi Desa Bolapapu Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi. Dibimbing oleh Mustainah Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar secara parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kulawi Desa Bolapapu Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi. Data yang diambil berupa data primer dan data sekunder. Dan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner. Untuk melengakapi data dalam penelitian ini penulis menyebarkan kuesioner sebanyak 330 orang dengan populasi 1900 periode Juli hingga Oktober. Penelitian ini menggunakan Teori Paratsuratman,Zeithmal, dan Berry (dalam Tjipotono dan Anastasia) kualitas pelayanan dan Teori Kotler (dalam Yamit) kepuasan untuk mengetahui besaran pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kulawi. Tenik analisis data regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) untuk menganalisis seberapa besar pengaruh secara parsial kualitas pelayanan terhadap kepuasan pusat kesehatan masyarakat kulawi; untuk menganalisis seberap besar pengaruh pasien di Puskesmas Kulawi menunjukkan bahwa Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness) merupakan paling berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) bernilai positif tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. (2) Pengaruh secara simultan secara keseluruhan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kulawi dikarenakan nilai F hitung sebesar 12,461 dengan nilai R yaitu 0,402 atau berada diinterval 0,40 – 0,599 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang “cukup kuat”, yang berarti jika kualitas pelayanan berubah maka kepuasan pasien secara cukup kuat mengalami perubahan. Kata Kunci: Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Pasien

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up