Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPELAYANAN PUBLIK TENTANG KESEHATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PENGGUNA BPJS DAN UMUM) DI PUSKESMAS TALISE KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU
Nama: ARISKA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Ariska, B 101 16 053, Judul Skripsi : “Pelayanan Publik tentang Kesehatan Masyarakat (Studi Kasus Pengguna BPJS dan Umum) di Puskesmas Talise Kecamatan Mantikulore Kota Palu”. Dibimbing oleh Abdul Rivai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak dan Kewajiban dalam penerapan pelayanandan apa faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelayanan masyarakat di Puskesmas Talise. Metode penelitian ini menggunakan dasar penelitian Studi kasus dan tipe penelitian Deskriptif Kualitatif. Jenis data ialah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penelitian lapangan Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Sedangkan Penentuan informan menggunakan purpossive dengan informan berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa prinsip yaitu: 1.Transparansi sudah berjalan dengan baik tercermin dari sifat kejujuran dan keterbukaan aparatur dalam memberikan penjelasan kepada masyarakatsudah dilakukan sesuai alur pelayanan yang ada. 2. Akuntabilitas sudah baik hal ini tercermin dari aparatur yang bekerja penuh tanggung jawab dan sesuai keahlianya masing- masing sehingga membuat pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. 3. Kondisional masih kurang baik tercermin dari kurangnya kedisiplinan aparatur dalam memberikan jaminan tepat waktu dalam pelayanan dan masih kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Talise. 4. Partisipatif masih kurang maksimal yaitu masih adanya aparatur yang mementingkan kepentingan pribadinya dari pada mendahulukan kepentingan pelanggan atau pasien dan masih kurangnya sikap ramah yang diberikan oleh sebagian aparatur dalam melayani pasien. 5. Kesamaan hak belum berjalan dengan baik karena masih adanya aparatur yang diskriminatif yaitu lebih mementingkan pasien yang memiliki hubungan keluarga atau memiliki status jabatan. 6. Keseimbangan hak dan kewajiban masih kurangnya aparatur yang belum memenuhi keseimbangan hak antara pasien BPJS dan pasien Umum dengan berlaku tidak adil. Kata kunci: Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak dan Kewajiban

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up