Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Panca Makmur Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara
Nama: LINDA DAHYANA
Tahun: 2021
Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Panca Makmur Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penarikan informan menggunakan purposive. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Teori yang digunakan yaitu teori dari Idup Suhady, yang terdiri dari 5 (Lima) aspek yaitu: cepat, tepat, murah dan ramah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di Puskesmas Panca Makmur relatif belum maksimal. Ada beberapa faktor atau aspek-aspek yang mejadi penyebab sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat masih belum maksimal, yaitu masih lambannya tenaga medis dalam memberikan pelayanan kepada pasien/masyarakat yang berobat ke Puskesmas Panca Makmur karena terkendala pada persediaan obat-obatan yang dibutuhkan pasien, serta masih ada beberapa tenaga medis yang dibutuhkan, tetapi tenaga medis tersebut belum ada yang ditempatkan di Puskesmas Panca Makmur, seperti tenaga profesi gizi. Selain itu fasilitas dalam memberikan pelayanan secara cepat kepada pasien juga masih sangat minim, sehingga sebagian pasien harus dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk melakukan perawatan dan masih banyak masyarakat yang mengeluhkan biaya perawatan mandiri yang dianggap masih terlalu mahal. Dengan demikian, diharapkan agar masalah-masalah tersebut di atas, dapat diatasi dengan mengedepankan pelayanan yang prima, sehingga pasien dapat merasakan kualitas pelayanan kesehatan yang berpihak kepada seluruh masyarakat yang ada di sekitar wilayah Panca Makmur.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up