JudulKUALITAS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT SINGGANI KECAMATAN PALU TIMUR KOTA PALU |
Nama: SRI WAHYUNI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Sri Wahyuni, No. Stambuk B 101 16 011, dengan Judul Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Singgani Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Dibawah bimbingan bapak Rizali Djaelangkara dan bapak Nastainuddin Bolong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Singgani Kecamatan Palu Timur Kota Palu. Dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.tekhnik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive. Dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori dari Taliziduhu Ndraha, dimana ada empat indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan ialah kecepatan, ketepatan, kemudahan, dan keadilan. Berdasarkan hasil penelitian di Puskesmas Singgani dapat ditarik kesimpulan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas belum cukup berjalan dengan baik. Petugas masih kurang memperhatikan keluhan pasien dalam proses pelayanan ketika melayani pasien sehingga dalam proses pemberian pelayanannya masih belum sesuai dengan harapan pasien yang datang berobat di Puskesmas. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kecepatan, Ketepatan, Kemudahan, dan Keadilan |