Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS KAMONJI KECAMATAN PALU BARAT KOTA PALU
Nama: Afandy
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Afandy, Stambuk B 101 15 090, Judul: Implementasi Kebijakan Pelayanan Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diPuskesmas Kamonji Kecamatan Palu Barat Kota Palu. (Muzakir Tawil) Selaku Pembimbing . Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Pelayanan Terhadap Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diPuskesmas Kamonji Kecamatan Palu Barat Kota Palu. Tipe penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah obserfasi, wawancara dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Data yang terkumpul disaring dan dipilih berdasarkan kebutuhan data kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuaitatif. Pada penelitian ini menggunakan teori oleh George C. Edward III dalam SubarSono,2005dengan 4 aspek, yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Pelayanan TerhadapPengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Puskesmas Kamonji Kecamatan Palu Barat Kota Palu apabila diukur menggunakan empat indikator hasilnya cukup baik yakni pemerintah Puskesmas Kamonji sudah melaksanakan Pelayan BPJS kepada masyarakat yanng ada dalam lingkup wilayah kerja UPTD Puskesmas Kamonji, akan tetapi belum sepenuhnya masyarakat menggunakan dan mendapatkan kartu BPJS.Namunadabeberapaaspekmenjadikendala/belumberjalansemestinya, yaituaspekkomunikasidansumberdaya. Kata Kunci: Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up