Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN PENGGUNA KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN RAWAT INAP DI RSUD UNDATA PALU SULAWESI TENGAH
Nama: DESI HARIANA
Tahun: 2019
Abstrak
Desi Hariana, “Kualitas Pelayanan Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Rawat Inap Di RSUD Undata Kota Palu Sulawesi Tengah”(dibimbing oleh Daswati). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang pelayanan petugas rumah sakit dalam melayani masyarakat di RSUD Undata Palu Sulawesi Tengah khususnya pada pasien rawat inap yang memiliki BPJS dan memperoleh pengetahuan tentang faktor-faktor apa saja yang harus dilakukan oleh para petugas dalam meningkatkan pelayanan publik dirumah sakit Umum Daerah Undata palu Sulawesi Tengah studi pada pasien rawat inap yang memiliki BPJS ditinjau dari indikator Tangibles (bukt langsung), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati). Dasar penelitian ini adalah Phenomenologi, tipe penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik Accidental. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa: Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Rawat Inap diRSUD Undata Palu Sulawesi Tengah dilihat dari beberapa aspek yaitu Reliability (keandalan), Assurance (jaminan), dan Empathy (empati) telah sesuai dengan harapan masyarakat, sedangkan dilihat dari aspek Tangibles (bukti langsung) dan Responsiveness (daya tanggap) belum dapat dikatakan baik karena dari segi aspek Tangibles (bukti langsung) dilihat dari sarana dan prasarana belum memadai seperti keadaan toilet yang masih kurang diruang rawat inap dan kipas angin yang sudah tidak berfungsi tidak segera diganti, kemudian dari aspek Responsiveness (daya tanggap) masih seringnya terjadi keterlambatan atau pengantrian untuk mendapatkan ruangan sehingga masyarakat/pasien harus menunggu lama. Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up