JudulKUALITAS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH POSO |
Nama: Nur Anisa |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nur Anisa, B 101 15 026, Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Umum Daerah Poso, Dibimbing Oleh. Nasir Mangngasing. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas pelayanan BPJS yang berkualitas di rumah sakit umum daerah poso, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini berusaha mengungkapkan fakta-fakta yang akurat dan faktual secara sistematis tentang Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Umum Daerah Poso. Penelitian ini menggunakan teori Salim dan Woodward dengan 4 (empat) indikator yaitu ekonomis, efisiensi, efektifitas, dan keadilan. Teknik pengumpulan data di lakukan melalui penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive. Analisis data yang di gunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pelaksanaan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Umum Daerah Poso sudah cukup baik tetapi masih ada aspek yang harus di benahi seperti dilihat dari aspek, ekonomis dan keadilan. Pelayanan dalam hal keadilan masih perlu dibenahi karena adanya yang lebih mengutamakan keluarga/kerabat dibanding pasien yang sudah lama mengantri. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Ekonomis, Efisiensi, Efektifitas, Keadilan |