JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BULUYE NAPOA’E MOUTONG KECAMATAN MOUTONG KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: SUPIANA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Supiana B 101 15 023 dengan judul “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Buluye Napoa’e Moutong Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong”, Ibu Mustainah (Pembimbing Utama). Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Buluye Napoa’e Moutong Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Buluye Napoa’e Moutong Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan dasar penelitian kualitatif.Dalam penelitian kualitatif informan ditentukan ketika peneliti memasuki wilayah penelitian yaitu berjumlah 7 orang.Selain itu, dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun data yang diperlukan yaitu data primer da data sekunder. Dengan metode analisis data melalui Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajiian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan dari Salim dan woodward dalam Zaenal Mukarom dan Muhibudin Wijaya Laksana (2016), dia membagi Kualitas pelayanan kedalam empat aspek, yaitu ekonomis, Efisiensi, Efektivitas, Keadilan. Penelitian yang dilakukan penulis, diperoleh kesimpulan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Buluye Napoa’e Moutong Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong sudah cukup berjalan dengan baik, dimana pegawainya memiliki respon yang cepat dalam pelayanan kesehatan tanpa membedakan status sosial pasien, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dalam pelayanan kesehatan menjadi baik. Namun pada indikator Ekonomis memiliki kendala yaitu sudah tidak melayani Kartu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) tersebut, dikarenakan di Rumah Sakit Umum Daerah Buluye Napoa’e Moutong masih kekurangan fasilitas dan masih akreditas D. Kata Kunci : Ekonomis, Efisiensi, EfektivitasdanKeadilan |