Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS TAWAELI KECAMATAN TAWAELI KOTA PALU
Nama: DIAN ANGRAENI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK DIAN ANGRAENI B 101 15 003, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Tawaeli Kecamatan Tawaeli Kota Palu” Dibimbing Oleh H. Abu Tjaiya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas tawaeli Kecamatan Tawaeli Palu Utara. Dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field researc (penelitian lapangan) yaitu dimana obyek atau masalah yang diteliti kemudian di analisis secara menyeluruh. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menggambarkan, dan menjelaskan suatu fenomena atau permasalahan. Untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Tawaeli menurut Zeithaml-Parasuraman-Berry ada empat indikator yang digunakan yaitu Tangible (bukti langsung), Reliability (kemampuan atau kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Emphaty (empati/peduli). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisi data yaitu penarikan kesimpulan dari beberapa informan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang dengan teknik accidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu konsumen yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tawaeli Kecamatan Tawaeli Kota Palu dilihat dari beberapa aspek masih ada yang kurang baik yang pertama yaitu aspek Tangible (bukti langsung) sarana dan prasarana di ruang tunggu berupa kursi belum memadai serta minimnya keamanan di parkiran dan yang kedua aspek Responsiveness (daya tanggap) juga masih kurang baik karena masih adanya keterlambatan pelayanan di loket pengambilan obat. Namun dilihat dari aspek Reliability (kemampuan atau kehandalan), ), Assurance (jaminan), dan Emphaty (empati/peduli) dinilai sudah bagus. Kata Kunci: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up